Aplikasi Oli Cat FD-1 SAE 60 untuk Final Drive dan Axle
Banyak operator alat-alat berat di sektor tambang baik batu bara maupun nikel yang masih enggan atau tidak mau menggunakan oli dengan spesifiaksi Cat FD-1 pada unit-unit yang membutuhkan spesifikasi oli tersebut. Mereka masih banyak mengandalkan spesifikasi oli Cat TO-4 untuk semua komponen final drive dan axle, kondisi ini disebabkan oleh harga yang lebih mahal.
Jika diamati dari umur pakai komponen dalam final drive dan axle yang lebih pendek, maka di sinilah kebanyakan keluhan konsumen akibat kesalahan dalam memilih spesifikasi oli yang cocok untuk final drive dan axle pada alat-alat berat yang mereka operasikan. Kinerja aditif untuk meningkatkan koefisien gesek dalam oli Cat TO-4 cenderung membahayakan pada komponen final drive dan axle.
Oleh sebab itu, dikembangkanlah oli dengan spesifikasi Cat FD-1 yang lebih baik. Pada tahun 2001, Caterpillar memperkenalkan spesifikasi oli Cat FD-1 untuk pelumas final drive dan axle dengan nama Cat FDAO (Final Drive and Axle Oil). Tujuannya adalah untuk meningkatkan usia gear & bearing dalam final drive dan axle tugas berat, peralatan off-road yang digunakan dalam aplikasi konstruksi dan pertambangan.
Caterpillar menentukan bahwa oli yang diformulasikan dengan spesifikasi Cat TO-4 dan yang biasa digunakan untuk melumasi peralatan kopling, hidrolik, dan sistem rem basah, tidak memberikan tingkat perlindungan yang memadai untuk komponen final drive dan axle. Spesifikasi oli Cat FD-1 dirancang untuk mengatasi tekanan ekstrim (EP) atau kemampuan membawa beban berat yang diperlukan untuk gearset dan bearing final drive.
Oleh karena itu, oli dengan spesifikasi Cat FD-1 SAE 60 (atau FDAO istilah yang umum digunakan) dapat di buat dari jenis minyak dasar mineral atau sintetis dengan paket aditif khusus. Oli spesifikasi seperti ini akan sangat membantu memperpanjang umur komponen final drive dan axle yang signifikan dibandingkan dengan oli spesifikasi Cat TO-4. Kenyataannya adalah bahwa ketika OEM menentukan spesifikasi oli Cat FD-1 SAE 60 untuk final drive dan axle maka oli dengan spesifikasi Cat TO-4 SAE 60 tidak akan mampu/memenuhi persyaratan untuk peralatan tersebut.
Kondisi ini tidak berarti bahwa spesifikasi oli Cat TO-4 tidak pernah cocok untuk komponen final drive dan axle. Sebagai acuan yang praktis, Anda mungkin bisa bertahan dengan spesifikasi oli Cat TO-4 untuk peralatan tugas ringan yang lebih kecil/sedang dengan SAE 10, 30, atau 50 pada kondisi operasi suhu lingkungan yang sedang. Akan tetapi untuk peralatan yang lebih berat seperti truk off-road, traktor atau excavator, di mana final drive gear & bearing mengalami beban berat dan tekanan ekstrim, tanpa cengkeraman atau rem basah, Anda akan jauh lebih baik menggunakan oli yang memenuhi spesifikasi Cat FD-1 untuk jangka panjang.