Efisiensi Rantai Pasok Pelumas dalam Ketenagalistrikan

Foto kiri ke kanan : Chief Operating Officer PanaOIL Indonesia, Albert Susanto & Dewan Pakar Majalah Listrik Indonesia, Prof. Iwa Garniwa.

Pasar Indonesia masih terus bertumbuh. Demikian juga dengan pasar pelumas baik untuk kebutuhan industri maupun kendaraan bermotor. Jumlah kendaraan bermotor tersebut bertumbuh. Demikian juga dengan industri yang terus bertumbuh yang membutuhkan pelumas atau oli.

Industri pelumas di Tanah Air pun bergerak dengan cukup signifikan, sebagai pendukung mesin-mesin industri di berbagai bidang, seperti pertambangan, infrastruktur, dan agrikultur.

PT PanaOIL Indonesia, sebagai pelumas berbendera asli Indonesia menghadirkan produk yang mengutamakan kualitas terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. Produk ini pun menjadi pilihan bagi industri-industri yang menerapkan efisiensi dalam berbisnis.

PanaOIL sendiri hadir untuk menjadi jawaban atas kebutuhan pelumas dengan mutu terjaga, tetapi harga tidak fluktuatif, sekaligus terjangkau. Produsen pelumas otomotif dan industri ini juga memproduksi pelumas di pabrik sendiri di Cilegon yang dilengkapi dengan ISO 9001:2015 serta laboratorium dan peralatan mumpuni.

PanaOIL terus berkomitmen untuk menjadi yang terbaik dengan produk berkualitas, pelayanan profesional dan manajemen yang baik. Dengan misi memberikan solusi dan layanan terbaik bagi pelanggan, perusahaan ini memiliki lebih dari 90 varian produk yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi.

Perusahaan ini pun memiliki pelanggan besar seperti PT PJB Services, NWPower, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., JAPFA, IndoMobil, Honda, PTBA, dan perusahaan lain serta menyuplai pelumas untuk kebutuhan berbagai pembangkit listrik.

Atas kesuksesan dalam distribusi pelumas, PanaOIL dianugerahi penghargaan dalam kategori korporasi “Efisiensi Rantai Pasok Pelumas dalam Ketenagalistrikan” dari Majalah Listrik Indonesia.

“Untuk kami penghargaan ini memberi semangat kepada kami untuk terus maju dan efisisensi dalam memasok pelumas di ketenagalistrikan. Kami terus berkembang dan diharapkan ke depan bukan hanya penghargaan dalam efisiensi, tetapi akan mendapatkan pengahrgaan lain yang lebih baik. Kami sudah banyak memberikan suplai pelumas untuk ketenagalistrikan dan sektor lain di seluruh Indonesia, bukan hanya di industri kelistrikan,” ujar VP Operasi PT PanaOIL Indonesia Albert Susanto.

Raymond Widjaja, Strategic Director PT PanaOIL Indonesia, mengatakan bahwa PanaOIL sedang bertumbuh menjadi besar dan terus berkembang menjadi perusahaan pelumas asli Indonesia. Dengan skala mutu terjaga serta harga yang kompetitif.

PanaOIL merupakan principal company yang memegang, mengembangkan, dan memasarkan PanaOIL, pelumas otomotif dan industri.

Dalam pelaksanaan produksi dan pengembangan produknya, PanaOIL bekerja sama dengan pabrik pelumas dengan standar internasional yang juga adalah perusahaan affliasi dengan PanaOIL merupakan salah satu pabrik pelumas dengan kapasitas terpasang terbesar yang ada di Indonesia. Telah tersertifikasi ISO 9001:2015 dan dilengkapi laboratorium serta peralatan mumpuni. Tidak hanya itu, PanaOIL juga memiliki suplai base oil terbaik dan aditif kelas dunia.

Sementara itu, untuk distribusi, PanaOIL lebih banyak melewati jalur tidak langsung atau lewat distributor sebagai mitra.

Raymond mengakui bahwa persaingan di industri pelumas memang sangat ketat. Bisnis lubricant ini dibagi dua pos, business to business (B2B) dan business to customer (B2C). B2C langsung dipasarkan ke pengguna mobil dan motor, di mana Pana Oil baru saja meluncurkan produk terbarunya, yaitu SP5, pelumas atau oli motor berteknologi Jepang dengan formulasi Engine Power Protection Technology,” katanya.

Visi PanaOIL menjadi merek pelumas Indonesia berstandar internasional yang terpercaya dan memegang peranan penting dalam perkembangan pasar nasional. Berbagai langkah dilakukan oleh PanaOIL agar menjadi merek yang paling dipercaya publik Indonesia.

“Kami akan membuat suatu produk yang berkualitas internasional. Kami punya pengalaman panjang membuat produk dengan brand internasional. Kami membangun kepercayaan. Konsumen bisa percaya pada kami karena kualitas kami memang bagus. Kualitas bagus, dan servis harus bagus,” kata Raymond yang juga meraih gelar Master of Finance and Accounting dari Monash University, Australia.

Sumber: Majalah Listrik Indonesia

HEAD OFFICE

De Ploeit Centrale Office Building, Lt. 5
Jalan Pluit Raya Selatan Blok Q, Pluit, Penjaringan,
Jakarta Utara, Jakarta 14450, Indonesia

MANUFACTURING FACILITY

Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC)
Jl. Eropa II Kav. D/3-1, D/3-4, B/3-1
Cilegon, Banten 42443 – Indonesia