Pelumas Khusus buat Truk Peminum Solar B30

Pelumas asal Indonesia, Panaoil, mendukung kebijakan program pemerintah dengan merilis pelumas khusus mesin diesel penenggak Biosolar atau B30 ke atas sampai B100.

Pelumas dengan nama Cruiser Advance Plus itu memiliki spesifikasi kekentalan 15W-40, diklaim dapat memaksimalkan kinerja mesin meski memakai bahan bakar dengan kandungan biosolar tinggi.

Effendy Liemuel, Direktur Eksekutif PT Pana Oil Indonesia, mengatakan, keunggulan pelumas ini ialah mengatasi masalah yang ditimbulkan dari pemakaian Fatty Acid Methyl Ester (FAME) dalam bahan bakar biofuel.

“Formulanya sanggup mengontrol tingkat keasaman dan sludge yang ditimbulkan dari bahan bakar biodiesel saat mesin beroperasi sehingga menjaga performa mesin,” kata Effendy di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Effendy mengatakan, pengembangan pelumas Cruiser Advance Plus sudah dilakukan sejak 2015. Proses produksinya dilakukan di unit riset internal perusahaan yang berlokasi di Cilegon, Banten.

“Kami memiliki unit riset internal yang mampu membuat formulasi pelumas terkini secara mandiri. Pengalaman kami menghasilkan tak kurang dari 90 varian produk,” katanya.

Bertepatan dengan GIICOMVEC 2020, oli mesin itu kini hadir dengan bermacam varian kemasan (IBC, Drum, Pail, dan Gallon), adapun kemasan yang lebih ekonomis yaitu ukuran 5 liter/galon).

“Kemasan ini diharapkan akan semakin memudahkan konsumen dalam memakai produk pelumas kami terutama pemilik armada yang jumlah tidak besar dengan harga kompetitif,” katanya.

Sumber : https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/05/183300915/pelumas-khusus-buat-truk-peminum-solar-b30